7 Pantangan Setelah Pasang KB Implan beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Sugeng rawuh Sarahnadav di Situs Kami!

Jakarta – 7 Pantangan Setelah Pasang KB Implan beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Alat kontrasepsi implan adalah alat kontrasepsi yang dipasang di bawah kulit lengan atas. Seperti alat kontrasepsi lainnya, kontrasepsi implan bertujuan untuk memudahkan pasangan dalam merencanakan kehamilan dan memulai sebuah keluarga.

Implan atau alat kontrasepsi implan berukuran kecil dan bentuknya seperti batang korek api. Fungsinya untuk melepaskan hormon progestin secara perlahan untuk mencegah kehamilan dalam jangka waktu 3 tahun.

Setelah alat kontrasepsi ditanamkan, ada beberapa batasan yang perlu diperhatikan. Temuan tersebut adalah: 1. Infeksi 6 Penyebab Keringat Dingin di Malam Hari, Darah Rendah hingga Serangan Jantung

Ada risiko infeksi ketika implan reproduksi dimasukkan ke dalam tubuh. Menurut gudang Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), infeksi dapat memperlambat penyembuhan luka.

Mengingat risiko ini, sebaiknya hindari tempat atau aktivitas yang dapat menyebabkan infeksi. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan tangan untuk mengurangi risiko menyentuh luka secara tidak sengaja. 2. Mengangkat sesuatu yang berat

Sulit untuk menemukannya lebih jauh. Untuk saat ini, hindari pekerjaan berat atau olahraga manual selama beberapa hari setelah pemasangan.

Apalagi di hari-hari pertama pasca pemasangan, saat luka masih segar. Menghindari pembatasan ini dapat mempercepat penyembuhan luka sebelum pelepasan gips. 3. Jangan mengobati luka

Jaga agar lokasi implan tetap bersih, kering, dan tertutup selama 5 hari untuk meningkatkan kesehatan seksual Devon. Jika perban menjadi basah, gantilah dengan perban kering.

Hati-hati jangan sampai menyentuh lukanya. Perban kemudian dapat dilepas, menjaga tempat suntikan tetap bersih dan kering. Tidak perlu melakukan plesteran luka tanpa anjuran dokter. 4. Mengonsumsi obat-obatan yang mempengaruhi implan

Menurut NHS, ada sejumlah obat yang bisa membuat implan kesuburan menjadi kurang efektif. Ini termasuk obat-obatan untuk HIV, epilepsi dan tuberkulosis, dan banyak antibiotik seperti rifabutin dan rifampisin.

Jika Anda menggunakan obat-obatan ini, Anda memerlukan alat kontrasepsi, seperti kondom. Anda dapat menggunakan alat kontrasepsi yang tidak terpengaruh oleh obat-obatan tertentu. 5. Suhu tinggi

Saat implan kontrasepsi dipasang, paparan suhu tinggi menghambat penyembuhan luka. Menyentuh peralatan rumah tangga setelah mandi air panas, mandi, atau penggunaan dapat menyebabkan paparan suhu tinggi.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari paparan suhu tinggi setelah implantasi kesuburan. Luka harus dirawat sampai sembuh total dan terbuka. Penghapusan implan

Menurut Brevard Health, melepas implan tidak aman dan mungkin menimbulkan risiko lebih besar. Pelepasan implan dilakukan oleh dokter atau perawat yang terlatih khusus.

Prosedurnya memakan waktu beberapa menit dengan menggunakan anestesi lokal. Seorang dokter atau perawat akan membuat sayatan kecil di kulit untuk mengangkat kulit dengan hati-hati. Orang yang tidak terlatih melakukan pembedahan dapat merusak pembuluh darah dan saraf di tangan. komunikasi langsung 7 Pantangan Setelah Pasang KB Implan beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jika terjadi kontak langsung, misalnya saat pemijatan, ada risiko perubahan posisi implan. Pasien biasanya memilih pijatan setelah implantasi kontrasepsi jika mereka mengalami nyeri atau ketidaknyamanan.

Kontak langsung, apalagi saat kulit tidak bersih, bisa memicu infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pemijatan dan kontak langsung hingga luka sembuh. Kelebihan dan kekurangan alat kontrasepsi implan.

Implan kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan. Manfaat Implan KB Implan bisa bertahan hingga 3 tahun. Pendarahan menstruasi yang banyak Anda bisa hamil setelah implan dilepas. Implan ini mungkin sedikit lebih mahal pada awalnya, namun gratis selama 3 tahun dari sekarang. Kerugian dari alat kontrasepsi implan Efek sementara Menstruasi mungkin tidak teratur, berat, ringan, panjang atau pendek. Kecilnya risiko infeksi kulit di lokasi implan akibat Infeksi Menular Seksual (IMS).

Itulah beberapa batasan pemasangan implan kesuburan. Agar efektivitas alat kontrasepsi ini dapat bekerja dengan baik, jangan lakukan beberapa hal yang disebutkan. Tonton video “IBI: Kesuburan digunakan untuk melindungi semua wanita” (Baris/Baris)